Skip to main content

VENTILASI TAMBANG


VENTILASI TAMBANG

I.             PENDAHULUAN

II.          PENGENDALIAN KUALITAS (QUALITY CONTROL)
·         GAS – GAS DALAM TAMBANG
·         DEBU DALAM TAMBANG
·         PANAS – KELEMBABAN

III.       PENGENDALIAN KUANTITAS (QUANTITY CONTROL)

IV.       PSIKROMETRI

V.          JARINGAN VENTILASI

VI.       SARANA VENTILASI

VII.    VENTILASI ALAMI


DUA MASALAH POKOK DALAM TEKNOLOGI PENAMBANGAN BAWAH TANAH :

·               SEGI MEKANIKA BATUAN
APAKAH SISTEM TAMBANG BAWAH TANAH YANG AKAN DITERAPKAN DAPAT DITUNJANG OLEH SISTEM PENYANGGAAN TERHADAP BUKAAN-BUKAAN DI DALAM TAMBANG. APAKAH MASIH MENGUNTUNGKAN UNTUK DILAKUKAN PENAMBANGAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PENYANGGAAN YANG DIPERLUKAN


·               SEGI VENTILASI TAMBANG
APAKAH KE DALAM TAMBANG YANG AKAN DIHADAPI MASIH DIMUNGKINKAN UNTUK MELAKUKAN PENGATURAN UDARA AGAR PENAMBANGAN DAPAT DILAKSANAKAN DENGAN SUASANA KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA YANG NYAMAN


FUNGSI VENTILASI TAMBANG



 MEMBERIKAN UDARA SEGAR KE DALAM TAMBANG UNTUK KEPERLUAN PERNAFASAN PEKERJA DAN PROSES-PROSES YANG TERJADI DALAM TAMBANG DAN MENGATUR PEREDARAN UDARA AGAR :

·               MELARUTKAN GAS-GAS BERBAHAYA DAN/ATAU BERACUN
·               MENGURANGI JUMLAH DEBU DALAM ALIRAN UDARA
·               MENGATUR PANAS / KELEMBABAN UDARA AGAR TERCAPAI KEADAAN LINGKUNGAN KERJA YANG NYAMAN.


MENGAPA UDARA TAMBANG PANAS ?

·               DARI BATUAN ® GRADIEN GEOTERMIS
·               DARI GESEKAN
·               DARI PROSES PELEDAKAN
·               PERNAFASAN MANUSIA
·               MESIN-MESIN TAMBANG

 

PRINSIP VENTILASI TAMBANG

·         UDARA AKAN MENGALIR DARI KONDISI TEMPERATUR RENDAH KE TEMPERATUR PANAS

·         UDARA AKAN MENGALIR MELALUI JALUR-JALUR VENTILASI YANG MEMBERIKAN TAHANAN LEBIH KECIL DIBANDINGKAN DENGAN JALUR BERTAHANAN YANG BESAR

·         HUKUM-HUKUM MEKANIKA FLUIDA AKAN SELALU DIIKUTI DALAM PERHITUNGAN VENTILASI TAMBANG


LINGKUP BAHASAN
VENTILASI TAMBANG
·               PENGATURAN / PENGENDALIAN KUALITAS UDARA TAMBANG
DALAM HAL INI AKAN DIBAHAS PERMASALAHAN PERSYARATAN UDARA SEGAR YANG DIPERLUKAN OLEH PARA PEKERJA BAGI PERNAFASAN YANG SEHAT DILIHAT DARI SEGI KUALITAS UDARA (QUALITY CONTROL) SERTA PENGATURAN SUHU DAN KELEMBABAN UDARA DI DALAM TAMBANG


·               PENGATURAN / PENGENDALIAN JUMLAH (KUANTITAS) UDARA TAMBANG SEGAR YANG DIPERLUKAN OLEH PEKERJA TAMBANG BAWAH TANAH

 
KOMPOSISI UDARA SEGAR



UNSUR
PERSEN VOLUME
PERSEN BERAT
NITROGEN (N2)
78,09%
75,53%
OKSIGEN (O2)
20,95%
23,14%
KARBONDIOKSIDA (CO2)
0,03%
0,046%
ARGON (Ar), DLL
0,93%
1,284%


UDARA SEGAR NORMAL TERDIRI ATAS :
         NITROGEN = 79%
         OKSIGEN   = 21%

UDARA SEGAR DIANGGAP SELALU MENGANDUNG KARBONDIOKSIDA (CO2) SEBESAR 0,03%

KEBUTUHAN UDARA SEGAR


JENIS KEGIATAN MANUSIA :
·   KEADAAN BERISTIRAHAT
·   MELAKUKAN KEGIATAN KERJA YANG MODERAT
·   MELAKUKAN KEGIATAN KERJA KERAS


KEBUTUHAN UDARA PERNAFASAN
Kegiatan Kerja
Laju Pernafasan per menit
Udara terhirup per menit dalam in3/menit atau
 (10~4 m3/detik)
Oksigen terkonsumsi cfm (10~5 m3 / detik)
Angka bagi pernafasan (RQ)
Istirahat
12-18
300-800*)
(0,82-2,18)
0,01
(0,47)
0,75
Kerja Moderat
30
2.800-3.600
(7,64-9,83)
0,07
(3,3)
0,90
Kerja Keras
40
6.000
(16,4)
0,10
(4,7)
1,00



RQ = RESPIRATORY QUOTIENT
          JUMLAH CO2 YANG DIHEMBUSKAN DIBAGI O2 YANG DIHIRUP

1.            ATAS DASAR KEPERLUAN O2 MINIMUM = 19,5% JUMLAH UDARA SEGAR YANG DIPERLUKAN = Q CFM

0,21 Q ~ 0,1 = 0,195 Q

                                               

2.      ATAS DASAR CO2 MAKSIMUM = 0,5% DENGAN RQ = ® CO2 = 0,1 CFM.

0,0003 Q + 0,1 = 0,005Q


 
PENGARUH KEKURANGAN OKSIGEN
 

Kandungan
O2 di udara
Pengaruh
17%

15%

13%
9%
7%
6%
-          Laju pernafasan meningkat (ekivalen dengan keadaan ketinggian 1600 m)
-          Terasa pusing, suara mendesing dalam telinga dan jantung berdetak cepat
-          Kehilangan kesadaran
-          Pucat dan jatuh pingsan
-          Sangat membahayakan kehidupan
-          Kejang-kejang dan kematian


 
GAS – GAS PENGOTOR
 
PROSES – PROSES YANG TERJADI DI DALAM TAMBANG :

·               BERASAL DARI BATUAN
·               BAHAN GALIAN
·               MESIN – MESIN
·               PROSES PELEDAKAN
·               DALAM TAMBANG BATUBARA GAS METAN (CH4)

SIFAT BERMACAM GAS
Nama
Simbol
Berat jenis udara=1
Sifat fisik
Pengaruh
Sumber utama
Ambang
batas
TLV – TWA
(%)
Ambang batas TLV-C (%)
Kisar ledak

(%)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Oksigen
O2
1,1056
tak berbau tak berwarna tak ada rasa
bukan racun tak berbahaya
udara normal



Nitrogen
N2
0,9673
tak berbau tak berwarna tak ada rasa
bukan racun menyesakan
udara normal lapisan



Karbon Dioksida
CO2
1,5291
tak berbau tak berwarna rasa agak asam
sesak nafas berkeringat
pernafasan lapisan motor bakar peledakan
0,5


Metan
CH4
0,5545
tak berbau tak berwarna tak ada rasa
menyesakan nafas dapat meledak
lapisan peledakan motor bakar


5-15
Carbon Monoksida
CO
0,9672
tak berwarna tak berbau tak ada rasa
racun dapat meledak
nyala api peledakan motor bakar oksidasi
0,005

12,5-74
Hidrogen Sulfida
H2S
1,1912
tak berwarna rasa asam bau telur busuk
racun dapat meledak
lapisan air tanah peledakan
0,001

4-44
Sulfur Dioksida
SO2
2,2636
tak berwarna rasa asam bau mengganggu (tajam)
racun
pembakaran sulfida motor bakar
0,0005


Nitrogen Oksida
NO, NO2, N2O
1,5895
bau tajam warna coklat rasa pahit
racun
peledakan motor bakar

0,0005

Hidrogen
H2
0,0695
tak berwarna tak berbau tak ada rasa
dapat meledak
air pada api panas battery


4-74
Radon
RA
7,665

Radio aktif
lapisan
IWL
-
-


PENGENDALIAN GAS – GAS
1. PENCEGAHAN (PREVENTION)
·       PROSEDUR PELEDAKAN YANG BENAR
·       PERAWATAN MOTOR BAKAR YANG BAIK
·       PENCEGAHAN TERHADAP ADANYA API, DLL

2. PEMINDAHAN (REMOVAL)
·       PENYALIRAN (DRAINAGE) GAS
·       VENTILASI ISAP LOKAL

3. ABSORPSI (ABSORPTION)
·      REAKSI KIMIA TERHADAP GAS
·      PELARUTAN DENGAN PERCIKAN AIR

4. ISOLASI (ISOLATION)
·      MENYEKAT DAERAH PENGHASIL GAS
·      WAKTU PELEDAKAN OFF – SHIFT

5. PELARUTAN (DILUTION)
·      PELARUTAN DENGAN VENTILASI LOKAL
·      PELAURAN DENGAN ALIRAN UDARA UTAMA














JUMLAH UDARA SEGAR UNTUK PENGENCERAN :


Qg = GAS PENGOTOR
B   = KONSENTRASI GAS DALAM UDARA NORMAL


CONTOH:

SUATU MASUKAN GAS PENGOTOR DENGAN LAJU 10 CFM MEMASUKI SUATU RUANG KERJA. APABILA MAC = 10% MAKA BANYAKNYA UDARA SEGAR YANG DIPERLUKAN ADALAH :















PENGARUH GAS CO KUMULATIF




 DEBU


YANG BERBAHAYA UNTUK JALAN PERNAFASAN YANG BERUKURAN        < 10  (MIKRON)

·               DEBU PULMONARI
·               DEBU RADIOAKTIF
·               DEBU RACUN
·               DEBU LEDAK
·               DEBU INERT

 
PENYAKIT PERNAFASAN


·               SILICOSIS ~ AKIBAT SILIKA BEBAS
·               SILICOTUBERCULOSIS ~ KOMPLIKASI TUBERKOLOSIS OLEH SILIKA
·               ASBESTOSIS ~ AKIBAT ASBESTOS
·               SILICATOSIS ~ AKIBAT SILIKA LAIN
·               SIDEROSIS ~ AKIBAT BIJIH BESI
·               PEKERJA TAMBANG BATUBARA BAWAH TANAH ~ PNEUMOCONIOSIS (BLACKLUNG) ~ ATAU ANTHRACOSILOSIS ~ AKIBAT BATUBARA BAIK BITUMINOUS MAUPUN ANTHRACITE.


DEBU YANG SANGAT BERBAHAYA :
·               CROCIDOLITE (ASBESTOS)
·               KELUARGA RADON (KANKER PARU-PARU)
·               CHRYSOTILE (ASBESTOS)
·               ARSENIC



FAKTOR FAKTOR YANG MENENTUKAN KEBAHAYAAN DEBU TERHADAP KESEHATAN :

·               KOMPOSISI : ~ KIMIA
                                 ~ MINERALOGI

·               KONSENTRASI :
                  MPPCF                                         ATAU                             PPCC
(MILLION PARTS PER CUFT)                                           (PARTICLE PER CU CM)


·               UKURAN BUTIR ® DALAM  = MIKRON
·               WAKTU TERDEDAH (EXPOSURE TIME)
·               KETAHANAN SESEORANG



DEBU BATUBARA :
® MELEDAK MINIMUM =










                                          













HUBUNGAN ANTARA KONSENTRASI RATA – RATA DEBU
DAN LAMANYA WAKTU BERHUBUNGAN TERHADAP
GEJALA PNEUMOCONOSIS

       

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Pengoperasian Alat-alat Mekanis

Dalam mengoperasikan alat-alat mekanis/berat pada aktivitas penambangan, baik saat mulai melakukan pembersihan, pengupasan tanah penutup, melakukan aktivitas penam-bangan bahan galian maupun material lainnya, pemuatan, pengangkutan dan sampai pada penimbunan dan bahkan melakukan pemadatan untuk materail-material tertentu. Maka dalam pengoperasiannya harus melalui prosedur-prosedur yang telah ditetapkan, baik oleh perusahaan yang membuat alat-alat maupun oleh perusahaan-perusahaan sebagai pengguna alat-alat mekanis tersebut.   A.    Sebelum Pengoperasian Alat Mekanis/Berat Sebelum operator alat-alat mekanis/berat mengoperasikan kendaraannya sesuai dengan jenis dan fungsi alatnya, perlu diupayakan peningkatan pengetahuan dan kemampuan operator, yaitu dengan jalan : 1)       Operator diberikan kursus atau pelatihan tentang hal-hal yang perlu dilakukan sebelum operasi, sedang operasi dan setelah operasi yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 2)       Mengadakan koordin

TUTORIAL ANALISIS GEOTEKNIK (SOFTWARE SLIDE)

TUTORIAL ANALISIS GEOTEKNIK     Untuk membuat analisis geoteknik ini, diperlukan penampang bor yang bertujuan untuk pembuatan bench. 1.       Desain Geometri Bench           Dalam tutorial ini penampang bor diambil dari minescape. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu: Export file penampang bor ke DXF Minescape Explorer → Pilih Design Files → Section → Pilih Layer penampang bor → pilih export → DXF → Output, ketik nama file yang diinginkan untuk hasil export → pilih autocad version sesuai kebutuhan → klik OK Setelah di export, buka file yang telah di export di AutoCAD  Buat Bench sesuai dengan kemiringan lapisan batubara yang ada di penampang bor.   Buat layer untuk layer Material dan External Setelah itu gambarkan bentuk bench dengan menggunakan tools LINE  Apabila ingin membuat garis miring, tekan tab → ketik sudut → tekan tab untuk mengunci sudut yang sudah dibuat.  Apabila ada garis yang kelebihan, dipotong dengan menggu