VENTILASI TAMBANG
I.
PENDAHULUAN
II.
PENGENDALIAN KUALITAS (QUALITY CONTROL)
·
GAS – GAS DALAM TAMBANG
·
DEBU DALAM TAMBANG
·
PANAS – KELEMBABAN
III.
PENGENDALIAN KUANTITAS (QUANTITY CONTROL)
IV.
PSIKROMETRI
V.
JARINGAN VENTILASI
VI.
SARANA VENTILASI
VII.
VENTILASI ALAMI
DUA MASALAH POKOK
DALAM TEKNOLOGI PENAMBANGAN BAWAH TANAH :
·
SEGI MEKANIKA BATUAN
APAKAH SISTEM TAMBANG BAWAH TANAH YANG AKAN DITERAPKAN
DAPAT DITUNJANG OLEH SISTEM PENYANGGAAN TERHADAP BUKAAN-BUKAAN DI DALAM
TAMBANG. APAKAH MASIH MENGUNTUNGKAN UNTUK DILAKUKAN PENAMBANGAN DENGAN
MENGGUNAKAN SISTEM PENYANGGAAN YANG DIPERLUKAN
·
SEGI VENTILASI TAMBANG
APAKAH KE DALAM TAMBANG YANG AKAN DIHADAPI MASIH
DIMUNGKINKAN UNTUK MELAKUKAN PENGATURAN UDARA AGAR PENAMBANGAN DAPAT
DILAKSANAKAN DENGAN SUASANA KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA YANG NYAMAN
FUNGSI
VENTILASI TAMBANG
MEMBERIKAN
UDARA SEGAR KE DALAM TAMBANG UNTUK KEPERLUAN PERNAFASAN PEKERJA DAN
PROSES-PROSES YANG TERJADI DALAM TAMBANG DAN MENGATUR PEREDARAN UDARA AGAR :
·
MELARUTKAN
GAS-GAS BERBAHAYA DAN/ATAU BERACUN
·
MENGURANGI JUMLAH DEBU DALAM ALIRAN UDARA
·
MENGATUR PANAS / KELEMBABAN UDARA AGAR TERCAPAI
KEADAAN LINGKUNGAN KERJA YANG NYAMAN.
MENGAPA
UDARA TAMBANG PANAS ?
·
DARI BATUAN ® GRADIEN GEOTERMIS
·
DARI GESEKAN
·
DARI PROSES PELEDAKAN
·
PERNAFASAN MANUSIA
·
MESIN-MESIN TAMBANG
PRINSIP
VENTILASI TAMBANG
·
UDARA AKAN MENGALIR DARI KONDISI TEMPERATUR RENDAH KE TEMPERATUR PANAS
·
UDARA
AKAN MENGALIR MELALUI JALUR-JALUR VENTILASI YANG MEMBERIKAN TAHANAN LEBIH KECIL
DIBANDINGKAN DENGAN JALUR BERTAHANAN YANG BESAR
·
HUKUM-HUKUM
MEKANIKA FLUIDA AKAN SELALU DIIKUTI DALAM PERHITUNGAN VENTILASI TAMBANG
LINGKUP
BAHASAN
VENTILASI
TAMBANG
·
PENGATURAN / PENGENDALIAN KUALITAS UDARA TAMBANG
DALAM HAL INI AKAN DIBAHAS PERMASALAHAN
PERSYARATAN UDARA SEGAR YANG DIPERLUKAN OLEH PARA PEKERJA BAGI PERNAFASAN YANG
SEHAT DILIHAT DARI SEGI KUALITAS UDARA (QUALITY CONTROL) SERTA PENGATURAN SUHU
DAN KELEMBABAN UDARA DI DALAM TAMBANG
·
PENGATURAN / PENGENDALIAN JUMLAH (KUANTITAS)
UDARA TAMBANG SEGAR YANG DIPERLUKAN OLEH PEKERJA TAMBANG BAWAH TANAH
KOMPOSISI UDARA SEGAR
UNSUR
|
PERSEN VOLUME
|
PERSEN BERAT
|
NITROGEN
(N2)
|
78,09%
|
75,53%
|
OKSIGEN
(O2)
|
20,95%
|
23,14%
|
KARBONDIOKSIDA
(CO2)
|
0,03%
|
0,046%
|
ARGON
(Ar), DLL
|
0,93%
|
1,284%
|
UDARA SEGAR NORMAL TERDIRI ATAS :
NITROGEN
= 79%
OKSIGEN = 21%
UDARA SEGAR DIANGGAP SELALU
MENGANDUNG KARBONDIOKSIDA (CO2) SEBESAR 0,03%
KEBUTUHAN UDARA
SEGAR
JENIS KEGIATAN MANUSIA :
·
KEADAAN BERISTIRAHAT
·
MELAKUKAN KEGIATAN KERJA YANG MODERAT
·
MELAKUKAN KEGIATAN KERJA KERAS
KEBUTUHAN UDARA PERNAFASAN
Kegiatan
Kerja
|
Laju
Pernafasan per menit
|
Udara
terhirup per menit dalam in3/menit atau
(10~4 m3/detik)
|
Oksigen
terkonsumsi cfm (10~5 m3 / detik)
|
Angka
bagi pernafasan (RQ)
|
Istirahat
|
12-18
|
300-800*)
(0,82-2,18)
|
0,01
(0,47)
|
0,75
|
Kerja
Moderat
|
30
|
2.800-3.600
(7,64-9,83)
|
0,07
(3,3)
|
0,90
|
Kerja
Keras
|
40
|
6.000
(16,4)
|
0,10
(4,7)
|
1,00
|
RQ
= RESPIRATORY QUOTIENT
JUMLAH CO2 YANG DIHEMBUSKAN DIBAGI
O2 YANG DIHIRUP
1.
ATAS DASAR KEPERLUAN O2 MINIMUM = 19,5%
JUMLAH UDARA SEGAR YANG DIPERLUKAN = Q CFM
0,21 Q ~ 0,1 =
0,195 Q
2. ATAS DASAR CO2 MAKSIMUM = 0,5%
DENGAN RQ = ®
CO2 = 0,1 CFM.
0,0003 Q + 0,1 = 0,005Q
PENGARUH KEKURANGAN OKSIGEN
Kandungan
O2 di
udara
|
Pengaruh
|
17%
15%
13%
9%
7%
6%
|
-
Laju
pernafasan meningkat (ekivalen dengan keadaan ketinggian 1600 m)
-
Terasa pusing, suara mendesing dalam telinga dan
jantung berdetak cepat
-
Kehilangan kesadaran
-
Pucat dan jatuh pingsan
-
Sangat membahayakan kehidupan
-
Kejang-kejang dan kematian
|
GAS – GAS PENGOTOR
PROSES – PROSES
YANG TERJADI DI DALAM TAMBANG :
·
BERASAL DARI BATUAN
·
BAHAN GALIAN
·
MESIN – MESIN
·
PROSES PELEDAKAN
·
DALAM
TAMBANG BATUBARA GAS METAN (CH4)
SIFAT
BERMACAM GAS
Nama
|
Simbol
|
Berat jenis udara=1
|
Sifat fisik
|
Pengaruh
|
Sumber utama
|
Ambang
batas
TLV – TWA
(%)
|
Ambang batas TLV-C (%)
|
Kisar ledak
(%)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Oksigen
|
O2
|
1,1056
|
tak berbau tak berwarna tak ada rasa
|
bukan racun tak berbahaya
|
udara normal
|
|||
Nitrogen
|
N2
|
0,9673
|
tak berbau tak berwarna tak ada rasa
|
bukan racun menyesakan
|
udara normal lapisan
|
|||
Karbon Dioksida
|
CO2
|
1,5291
|
tak berbau tak berwarna rasa agak asam
|
sesak nafas berkeringat
|
pernafasan lapisan motor bakar peledakan
|
0,5
|
||
Metan
|
CH4
|
0,5545
|
tak berbau tak berwarna tak ada rasa
|
menyesakan nafas dapat meledak
|
lapisan peledakan motor bakar
|
5-15
|
||
Carbon Monoksida
|
CO
|
0,9672
|
tak berwarna tak berbau tak ada rasa
|
racun dapat meledak
|
nyala api peledakan motor bakar oksidasi
|
0,005
|
12,5-74
|
|
Hidrogen Sulfida
|
H2S
|
1,1912
|
tak berwarna rasa asam bau telur busuk
|
racun dapat meledak
|
lapisan air tanah peledakan
|
0,001
|
4-44
|
|
Sulfur Dioksida
|
SO2
|
2,2636
|
tak berwarna rasa asam bau mengganggu (tajam)
|
racun
|
pembakaran sulfida motor bakar
|
0,0005
|
||
Nitrogen Oksida
|
NO, NO2, N2O
|
1,5895
|
bau tajam warna coklat
rasa pahit
|
racun
|
peledakan motor bakar
|
0,0005
|
||
Hidrogen
|
H2
|
0,0695
|
tak berwarna tak berbau tak ada rasa
|
dapat meledak
|
air pada api panas battery
|
4-74
|
||
Radon
|
RA
|
7,665
|
Radio aktif
|
lapisan
|
IWL
|
-
|
-
|
PENGENDALIAN
GAS – GAS
1. PENCEGAHAN
(PREVENTION)
·
PROSEDUR PELEDAKAN YANG BENAR
·
PERAWATAN MOTOR BAKAR YANG BAIK
·
PENCEGAHAN TERHADAP ADANYA API, DLL
2. PEMINDAHAN
(REMOVAL)
·
PENYALIRAN (DRAINAGE) GAS
·
VENTILASI ISAP LOKAL
3. ABSORPSI
(ABSORPTION)
·
REAKSI KIMIA TERHADAP GAS
·
PELARUTAN DENGAN PERCIKAN AIR
4. ISOLASI (ISOLATION)
·
MENYEKAT DAERAH PENGHASIL GAS
·
WAKTU PELEDAKAN OFF – SHIFT
5. PELARUTAN
(DILUTION)
·
PELARUTAN DENGAN VENTILASI LOKAL
·
PELAURAN DENGAN ALIRAN UDARA UTAMA
JUMLAH UDARA SEGAR UNTUK PENGENCERAN :

Qg = GAS PENGOTOR
B = KONSENTRASI GAS DALAM UDARA
NORMAL
CONTOH:
SUATU MASUKAN GAS PENGOTOR DENGAN
LAJU 10 CFM MEMASUKI SUATU RUANG KERJA. APABILA MAC = 10% MAKA BANYAKNYA UDARA
SEGAR YANG DIPERLUKAN ADALAH :

PENGARUH GAS CO KUMULATIF

DEBU
YANG BERBAHAYA
UNTUK JALAN PERNAFASAN YANG BERUKURAN < 10
(MIKRON)

·
DEBU PULMONARI
·
DEBU RADIOAKTIF
·
DEBU RACUN
·
DEBU LEDAK
·
DEBU INERT
PENYAKIT PERNAFASAN
·
SILICOSIS ~ AKIBAT SILIKA BEBAS
·
SILICOTUBERCULOSIS ~ KOMPLIKASI TUBERKOLOSIS
OLEH SILIKA
·
ASBESTOSIS ~ AKIBAT ASBESTOS
·
SILICATOSIS ~ AKIBAT SILIKA LAIN
·
SIDEROSIS ~ AKIBAT BIJIH BESI
·
PEKERJA TAMBANG BATUBARA BAWAH TANAH ~
PNEUMOCONIOSIS (BLACKLUNG) ~ ATAU ANTHRACOSILOSIS ~ AKIBAT BATUBARA BAIK
BITUMINOUS MAUPUN ANTHRACITE.
DEBU YANG
SANGAT BERBAHAYA :
·
CROCIDOLITE (ASBESTOS)
·
KELUARGA
RADON (KANKER PARU-PARU)
·
CHRYSOTILE (ASBESTOS)
·
ARSENIC
·
KOMPOSISI : ~ KIMIA
~ MINERALOGI
·
KONSENTRASI :
MPPCF ATAU PPCC
(MILLION PARTS PER CUFT) (PARTICLE
PER CU CM)
·
UKURAN BUTIR ® DALAM
= MIKRON

·
WAKTU TERDEDAH (EXPOSURE TIME)
·
KETAHANAN SESEORANG
DEBU BATUBARA :
® MELEDAK MINIMUM = 

HUBUNGAN
ANTARA KONSENTRASI RATA – RATA DEBU
DAN
LAMANYA WAKTU BERHUBUNGAN TERHADAP
GEJALA
PNEUMOCONOSIS
Comments
Post a Comment