Skip to main content

ALAT PENGOLAHAN BAHAN GALIAN (HYDROCYCLON, HUMPREY SPIRAL, SPIRAL CLASSIFIER)


HYDROCYCLON

           Hydrocyclon adalah clasifier yang memanfaatkan gaya sentripugal yang berfungsi untuk mempercepat terjadinya pengendapan.
      Bagian-bagian atau konfigurasi hydrocyclon terdiri dari bagian silinder yang dihubungkan dengan bagian kercut dan pada ujungnya terbuka (Apex). Bagian atas silinder ditertutup dengan plat yang ada pada pipa untuk keluarnya overflow. Perpanjangan pipa overflow kebagian dalam silinder disebut Fortex Finder.
           Umpan masuk dengan tekanan secara tangensial, menimbulkan gerakan berputar (spiral) kearah bawah, dibagian didin cyclon dan gerakan spiral kearah atas dibagian tengah cyclon. Gerakan spiral mengarah keatas melingkari suatu daerah kosong disebut inti udara.
           Adanya gerakan spiral yang mengarah keatas dibagian tengah dan gerakan spiral mengarah kebawah dibagian dinding hydrocyclon memungkinkan terbentuknya tempat-tempat dimana kecepatan vertikal sama dengan nol diantara kedua pola aliran ini. Setiap partikel yang berada didalam hydrocyclon akan mengalami dua gaya yang saling berlawanan, yaitu gaya sentripugal yang mengarah keluar dan gaya drag yang mengarah keatas. Partikel besar akan mengalami gaya sentripugal lebih besar dibandingkan dengan gaya drag, terlempar kearah dinding mengikuti arus spiral mengarah kebawah dan keluar melalui lubang Apex sebagai underflow. Sebaliknya partikel kecil mengalami gaya sentripugal tidak cukup untuk mendorongnya kearah luar bergerak dispiral dalam yang bergerak keatas dan keluar sebagai overflow.


HUMPREY SPIRAL

        Humprey Spiral merupakan bagian dari gravity concentration yang menggunakan water impulse, yang terdiri dari spiralcurved bottom launder dengan diameter spiral yang sama mengelilingi suatu sumbu vertikal.
        Spiral ini terbuat dari besi cor yang terdiri dari beberapa putaran (turun)yang dapat disambung-sambung, jumlah putaran dari spiral ini bergantung pada matrial yang dikerjakan, biasanya 3 sampai 6 putaran.
       Feed berupa cmpuran partikel mineral beserta air dimasukan kedalam fee box di bagian atas spiral. Karena daya dorongdari air, maka partikel mineral ikut terbawa mengalir kebawah mengikuti aliran spiral.
Gaya-gaya yang bekerja pada partikel :
1.    Gaya dorong air
2.    Gaya berat
3.    Gaya gesek partikel dengan spiral
Gaya-gaya tersebut dipengaruhi oleh faktor yang mengakibatkan terjadinya pemisahan dari partikel-partikel :
-          Perbedaan berat jenis
-          Gaya Sentripugal
-          Besar butiran
-          Kemiringan dari spiral
-          Jumlah feed
-          Roughness of spiral
          Akibat semua gaya-gaya yang berlaku terhadap partikel, mengakibatkan pemisahan antara partikel berat akan mengalir sebelah dalam dari spiral launder dan dikeluarkan melalui lubang port disalurkan kesaluran konsentrat, partikel-partikel ringan mengalir kesebelah luar dari spiral launder dan ditampung pada ujung bawah dari spiral launder sebagai tailing.


SPIRAL CLASSIFIER

Spiral Classifier merupakan suatu alat yang mempunyai spiral-spiral yang digunakan untuk memisahkan matrial berharga dengan mineral yang tidak berharga berasarkan perbedaan ukuran secara kontunyu. Alat ini dioprasikan berdasarkan kemiringan danperputaran spiral-spiral. Ukuran yang paling besar akan berada pada bagian atas spiral sebagai konsentrat discharge dan yang berukuran halus akan berada pada bagian bawah sebagai tailing.
Variabel-variabel yang berpengaruh terhadap produk yang dihasilkan antara lain :
-          Kemiringan alat
-          Kecepatan putaran spiral dan pengadukan (agitasi)
-          Persen padatan (solid)
-          Kecepatan pengumpanan (velocity feeding)
             -        Ukuran matrial sebagai umpan.

Comments

Popular posts from this blog

Prosedur Pengoperasian Alat-alat Mekanis

Dalam mengoperasikan alat-alat mekanis/berat pada aktivitas penambangan, baik saat mulai melakukan pembersihan, pengupasan tanah penutup, melakukan aktivitas penam-bangan bahan galian maupun material lainnya, pemuatan, pengangkutan dan sampai pada penimbunan dan bahkan melakukan pemadatan untuk materail-material tertentu. Maka dalam pengoperasiannya harus melalui prosedur-prosedur yang telah ditetapkan, baik oleh perusahaan yang membuat alat-alat maupun oleh perusahaan-perusahaan sebagai pengguna alat-alat mekanis tersebut.   A.    Sebelum Pengoperasian Alat Mekanis/Berat Sebelum operator alat-alat mekanis/berat mengoperasikan kendaraannya sesuai dengan jenis dan fungsi alatnya, perlu diupayakan peningkatan pengetahuan dan kemampuan operator, yaitu dengan jalan : 1)       Operator diberikan kursus atau pelatihan tentang hal-hal yang perlu dilakukan sebelum operasi, sedang operasi dan setelah operasi yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 2)       Mengadakan koordin

VENTILASI TAMBANG

VENTILASI TAMBANG I.              PENDAHULUAN II.           PENGENDALIAN KUALITAS (QUALITY CONTROL) ·          GAS – GAS DALAM TAMBANG ·          DEBU DALAM TAMBANG ·          PANAS – KELEMBABAN III.        PENGENDALIAN KUANTITAS (QUANTITY CONTROL) IV.        PSIKROMETRI V.           JARINGAN VENTILASI VI.        SARANA VENTILASI VII.     VENTILASI ALAMI DUA MASALAH POKOK DALAM TEKNOLOGI PENAMBANGAN BAWAH TANAH : ·                SEGI MEKANIKA BATUAN APAKAH SISTEM TAMBANG BAWAH TANAH YANG AKAN DITERAPKAN DAPAT DITUNJANG OLEH SISTEM PENYANGGAAN TERHADAP BUKAAN-BUKAAN DI DALAM TAMBANG. APAKAH MASIH MENGUNTUNGKAN UNTUK DILAKUKAN PENAMBANGAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PENYANGGAAN YANG DIPERLUKAN ·                SEGI VENTILASI TAMBANG APAKAH KE DALAM TAMBANG YANG AKAN DIHADAPI MASIH DIMUNGKINKAN UNTUK MELAKUKAN PENGATURAN UDARA AGAR PENAMBANGAN DAPAT DILAKSANAKAN DENGAN SUASANA KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA YANG NYAMAN FUNGSI VENT

TUTORIAL ANALISIS GEOTEKNIK (SOFTWARE SLIDE)

TUTORIAL ANALISIS GEOTEKNIK     Untuk membuat analisis geoteknik ini, diperlukan penampang bor yang bertujuan untuk pembuatan bench. 1.       Desain Geometri Bench           Dalam tutorial ini penampang bor diambil dari minescape. Langkah awal yang harus dilakukan yaitu: Export file penampang bor ke DXF Minescape Explorer → Pilih Design Files → Section → Pilih Layer penampang bor → pilih export → DXF → Output, ketik nama file yang diinginkan untuk hasil export → pilih autocad version sesuai kebutuhan → klik OK Setelah di export, buka file yang telah di export di AutoCAD  Buat Bench sesuai dengan kemiringan lapisan batubara yang ada di penampang bor.   Buat layer untuk layer Material dan External Setelah itu gambarkan bentuk bench dengan menggunakan tools LINE  Apabila ingin membuat garis miring, tekan tab → ketik sudut → tekan tab untuk mengunci sudut yang sudah dibuat.  Apabila ada garis yang kelebihan, dipotong dengan menggu